Tanaman Porang

Posted on Aug 3 2011 - 10:05am by RedakSi Usil

Tanaman Porang

Tanaman Porang, Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Monocots
Ordo: Alismatales
Famili: Araceae
Upafamili: Aroideae
Bangsa: Thomsonieae
Genus: Amorphophallus
Spesies: A. campanulatus Bl.
Nama binomial
Amorphophallus campanulatus Bl.
(Dennst.) Nicolson
Sinonim
iles-iles, porang

Tanaman Porang adalah tanaman anggota marga Amorphophallus yang dekat dengan Amorphophallus titanum atau bungaJenis Bunga Sepatu. Read more ... » bangkai.Di beberapa wilayah kebudayaan, Tanaman Porang juga dikenal dengan nama iles-iles (bahasa sunda), dan juga porang (bahasa jawa).

Tanaman Porang

Morfologi Tanaman Porang

Tanaman Porang, merupakan tumbuhan herba dan menahun, batangnya berbentuk tegak, lunak, halus berwarna hijau atau hitam belang-belang putih.Batang tunggal memecah menjadi tiga batang sekunder dan akan memecah lagi sekaligus menjadi tangkai daun.Pada setiap pertemuan batang akan tumbuh bintil berwarna cokelat kehitam-hitaman sebagai alat perkembangbiakan Tanaman Porang.Tinggi tanaman dapat mencapai 1,5 meter sangat tergantung umur dan kesuburan tanah.
Penyebaran

Tanaman Porang awalnya ditemukan di daerah tropis dari Afrika sampai ke pulau-pulau Pasifik, kemudian menyebar ke daerah beriklim sedang seperti Cina dan Jepang.Jenis A. muelleri Blume, awalnya ditemukan di Kepulauan Andaman India, menyebar ke arah timur melalui Myanmar masuk ke Thailand dan ke Indonesia. Tanaman ini tumbuh dimana saja seperti di pinggir hutan jati, di bawah rumpun bambu, di tepi-tepi sungai, di semak belukar dan di tempat-tempat di bawah naungan yang beranekaragam.Untuk mencapai produksi umbi yang tinggi diperlukan naungan 50-60% Tanaman ini tumbuh dari dataran rendah sampai 1000 m di atas permukaan laut, dengan suhu antara 25-35oC, sedangkan curah hujannya antara 300-500 mm per bulan selama periode pertumbuhan.Pada suhu di atas 350 C daun tanaman akan terbakar, sedangkan pada suhu rendah menyebabkan porang mengalami dormansi.Tumbuhnya bersifat tersebar di hutan-hutan atau di pekarangan-pekarangan, dan belum banyak dibudidayakan. porang dapat tumbuh baik pada tanah bertekstur ringan yaitu pada kondisi liat berpasir, strukturnya gembur, dan kaya unsur hara, di samping itu juga memiliki pengairan baik, kandungan humus yang tinggi, dan memiliki pH tanah 6 – 7,5. Tanaman obat ini mudah ditemukan di pulau Jawa dengan habitat semak-semak yang tumbuh dalam siklus tahunan dan dapat tumbuh hingga mencapai satu meter.

Manfaat Tanaman Porang

Manfaat tanaman porang sangat banyak sekali terutama untuk industri dan kesehatanSerba Serbi Ereksi pada Pria. Read more ... », karena kandungan zat glucomanan yang ada di dalamnya.porang merupakan jenis tanaman umbi yang mempunyai potensi dan prospek untuk dikembangkan di Indonesia.Selain mudah didapatkan, tanaman ini juga mampu menghasilkan karbohidrat dan tingkatan panen tinggi.Umbinya besar mencapai 5 kg, cita rasanya netral sehingga mudah dipadu padankan dengan beragam bahan sebagai bahan baku kue tradisional dan modern. Sayangnya umbi ini semakin tidak diminati dan bahkan mulai langka. Padahal porang sangat potensial sebagai bahan pangan sumber karbohidrat.porang dapat digunakan sebagai bahan lem, agar-agar, mi, tahu, kosmetik dan roti.Tepung porang dapat dipakai sebagai pangan fungsional yang bermanfaat untuk menekan peningkatkan kadar glukosa darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol serum darah yaitu makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dan memiliki sifat fungsional hipoglikemik dan hipokolesterolemik. Tanaman Porang sebagai serat pangan dalam jumlah tinggi akan memberi pertahanan pada manusia terhadap timbulnya berbagai penyakit seperti kanker usus besar, divertikular, kardiovaskular, kegemukan, kolesterol tinggi dalam darah dan kencing manis.[10] Di Filipina umbi porang sering ditepungkan mengganti kedudukan terigu dan biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan roti. Di Jepang, umbi-umbian sekerabat porang telah banyak dimanfaatkan untuk bahan pangan, misalnya bahan pembuatan mi instan
Kandungan gizi Tanaman Porang

Adapun kandungan gizi dari 100 gram Tanaman Porang adalah :

69 Kalori
Protein 1,0 gr
Lemak 0,1 gr
Karbohidrat 15,7 gr
Kalsium 62 mg
Fosfor 41 mg
Besi 4,2 mg
Vitamin B1 0,07 mg
Air 82 gr
Bagian yang dapat Dimakan 86 %[13]

Budidaya Tanaman Porang

Tanaman Porang, Tunas yang terdapat di sekeliling buah porang harus dipilih untuk ditanam. Setelah tunas terpilih, tanam tunas tersebut dalam lubang ± 15 cm. porang bisa tumbuh baik di tempat tempat yang lembab dan terlindung dari sinar matahari. tanaman ini membutuhkan suhu rata-rata harian 25 – 35 ° C. Curah hujan rata-rata tahunan yang dibutuhkan antara 100 mm-1500 mm.Untuk hasil yang baik, tanaman porang menghendaki tanah yang subur serta tidak becek , selain itu derajat keasaman tanah yang ideal adalah antara PH 6 – 7 serta pada kondisi jenis tanah apa saja.Naungan yang ideal untuk tanaman porang adalah jenis Jati, Mahoni Sono, dan lain-lain yang dapat menaungi serta terhindar dari kebakaran. Tingkat kerapatan naungan minimal 40% sehingga semakin rapat semakin baik, sedangkan untuk masa panen dapat dilakukan setelah berumur 3 tahun (3 kali pertumbuhan).

sumber:wikipedia

Related Idea:

manfaat tanaman porang, manfaat porang, nama lain porang, tanaman porang wikipedia, porang wiki
About the Author

Sekedar redaksi usil senang berbagi hal hal seru kepadamu.

Apa Komentarmu Gan?